Strategi bisnis yang wajib diketahui para wirausaha



Memiliki bisnis sendiri merupakan hal yang sangat banyak didambakan oleh para sarjana fresh graduate yang baru memiliki ijazah dan masih mencari pekerjaan yang semakin lama semakin sulit untuk mendapatkannya.

Memiliki strategi bisnis untuk usaha yang hendak dijalankan amat penting. Sebab setidaknya kamu tahu bakal dibawa kemana usaha yang kamu akan rintis ini. Dengan memiliki strategi pula, kamu minimal sudah menyiapkan plan for the worst, hope for the best, bersiap menghadapi kondisi terburuk, dan berharap yang terbaik.

Tapi sebelum kita membahas strategi bisnisnya, kita akan bahas dulu tentang apa-apa yang harus kamu pelajari dalam memulai atau menjalankan bisnis, yaitu:

1. Kenali kompetitor kamu.

2. Kenali target market (penjualan) kamu.

3. Jangan terpaku pada strategi lama yang menurut kamu efektif.

4. Jika kamu mempunyai karyawan jangan pernah sepelekan karyawan kamu.




Selanjutnya kita akan membahas soal sstrategi yang bisa kita jalankan, asumsinya jika kamu sudah melangkah ke strategi bisnis berarti kamu sudah punya bisnis yang mau dilakoni. Berikut adalah strategi – strategi yang bisa kamu lakukan dalam menjalankan bisnis kamu supaya dapat berhasil:


  • Diversifikasi Bisnis. 


Bagi yang baru mulai bisnis, sebaiknya tidak langsung menjalankan strategi bisnis ini. Saya sarankan lebih baik fokus terlebih dahulu pada bisnis yang sedang dibangun. Mengapa? Sebab strategi ini tergolong beresiko tinggi. Melakukan diversifikasi bisnis, berarti anda membangun sebuah produk baru untuk dilempar ke pasar (yang mungkin juga baru). Jika tidak dibarengi kesiapan yang baik, melakukan diversifikasi dapat menggoyahkan bisnis anda sebelumnya.

  • Strategi menyerang. 


Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini. biasanya promo besar-besaran dengan segala macam taktiknya dijalankan. Salah satu contohnya seperti menghadirkan program yang menarik bagi konsumen.

  • Mengembangkan pasar. 


Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu kejelian dalam melihat pasar.

  • Mengembangkan produk. 


Berkebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan pasar, strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini digarap. Kelebihan strategi bisnis ini adalah karena pasarnya telah dikenali, sedang tantangannya adalah bagaimana membuat produk baru tersebut bisa diterima oleh pasar.

Kemudian kalo kita sudah bisa menentulan strategi apa yang akan kita gunakan, kita bisa memakai strategi dibawah untuk melejitkan penjualan :

1. Berfikir kreatif dan inovatif

2. Memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan penjualan (marketing)

3. Menjaga kualitas produk

4. Susunlah manajemen bisnis kamu dengan baik