Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Dalam suatu perusahaan pasti akan memiliki target atau segmentasi pasar yang dituju untuk mengembangkan usaha yang diproduksi oleh perusahaan. Target pasar memberikan prospek yang bagus.
FAKTOR FAKTOR TARGET PASAR
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanaan target pasar, baik kesuksesan pelaksanaannya atau pun justru menghambatnya.
Baca juga : 6 STRATEGI PEMASARAN LANJUTAN YANG TEPAT UNTUK UKM
FAKTOR FAKTOR TARGET PASAR
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanaan target pasar, baik kesuksesan pelaksanaannya atau pun justru menghambatnya.
1. Analisis situasi
Analisis situasi menjadi faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan target pasar. Analisis situasi ini berkaitan dengan rencana pemasaran barang dan jasa yang dilakukan perusahaan. Rencana pemasaran barang dan jasa ini akan diawali dengan ringkasan hasil yang telah dicapai oleh perusahaan dan diikuti dengan penampilan suatu trend produk dari perusahaan tersebut. analisis situasi diperlukan sebagai salah satu faktor yang berhubungan dengan masalah lingkungan makro, pesaing, pelanggan, penyuplai barang, distributor dan lain sebagainya.2. Target/sasaran pemasaran
Sasaran pemasaran yang utama yang mempengaruhi target pasar ini adalah untuk jangka waktu yang akan datang. Faktor yang ikut mempengaruhi dalam hal ini adalah konsumen, pelanggang baru, dan sebagainya. sasaran pemasaran yang diinginkan adalah untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan perusahaan dengan maksimal.3. Sumber daya perusahaan
Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sangat lah penting untuk dapat melaksanakan target pasar. Cara perusahaan untuk mendapatkan sumber daya ini, dapat dicapai dari dalam perusahaan sendiri atau dengan bekerja sama dengan pihak di luar perusahaan.4. Mengembangkan sumber daya
Untuk mengembangkan sumber daya, dapat dilakukan dengan usaha dari dalam perusahaan itu sendiri, atau dengan bekerja sama dengan pihak luar. Jika dari pihak luar, terdapat keuntungan tersendiri, dimana segala risiko yang dihadapi dapat ditanggung bersama. Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan dapat melalui production sharing atau joint venture.5. Pertumbuhan Segmen
Faktor pertumbuhan segmen juga merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan target pasar. Walaupun mungkin ukuran segmen saat ini relatif kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang dimasa yang akan datang. Karena pada dasarnya segmen kecil merupakan segmen pasar yang potensial. Seperti misalnya dahulu tingkat usia 55 tahun ke atas tidak menjadi perhatian bagi perusahaan. Tetapi saat ini banyak produk serta jasa yang ditawarkan untuk segmen ini.6. Strategi pemasaran
Strategi pemasaran merupakan aktor utama dalam rangka pelaksanaan target pasar. Startegi pemasaran ini meliputi konsep pemasaran, segmentasi pasar dan marketing mix.Baca juga : 6 STRATEGI PEMASARAN LANJUTAN YANG TEPAT UNTUK UKM